Hari Pertama Masuk Sekolah Online Kelas 8

Halo! Saya Elang dari kelas 8B (Labschool Jakarta) dan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya tentang hari pertama masuk sekolah melalui virtual (online) kelas 8.

 

Seputar Teknik Informatika - WOW ITU KEREN

 

Pembagian kelas pada kelas 8 ini tidak diacak, sama seperti kelas 7 tahun lalu. Hal ini dikarenakan orang tua atau wali murid lebih banyak yang memilih untuk tidak diacak kelasnya, hal ini terpapar pada hasil Pemilihan (Voting) yang diisi melalui Google Form yang hanya boleh di isi oleh Orang Tua (Wali Murid), dan hasilnya banyak Orang Tua (Wali Murid) yang memilih agar kelasnya tidak diacak.

 

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) akhirnya dimulai pada hari Senin, 13 Juli. Pembelajaran diawali dengan sambutan dan perkenalan diri oleh Pak Wijaya Kusumah (Om Jay) dan Bu Nisa Parinduri (Bu Nisa) melalui Zoom Meeting lalu dilanjut dengan pelajaran seperti biasa.

Dalam minggu pertama dimulai dengan perkenalan oleh para guru dan belum terlalu belajar dengan serius.

Pada pembelajaran jarak jauh menurut saya terdapat Kelebihan dan Kekurangan. Kelebihannya antara lain; Bertambahnya waktu istirahat seperti dapat tidur siang, dan peserta didik (murid) bisa lebih aktif karena jika mereka ingin bertanya mereka bisa mengirim pesan ke guru secara langsung. Sementara Kekurangannya adalah; Ketidak efesienan meningkat karena banyak siswa dan guru yang memiliki masalah dengan koneksi, jaringan dan wifi, serta meningkatnya gangguan belajar dikarenakan siswa bisa saja bermain Handphone (HP) atau game saat sedang berlangsungnya pelajaran.

 

Saran saya untuk mengatasi masalah koneksi dan gangguan belajar adalah; Para murid dan guru tidak perlu melakukan Zoom Meeting. Para guru hanya perlu memberikan tugas dan memberi batas waktu (deadline) perihal tugas guru hanya perlu memberi tugas pada 1 website saja misal Google Classroom agar kesalah pahaman pada semester lalu tidak terulang. Pada semester lalu terjadi kesalahan komunikasi antara guru dan murid, dikarenakan guru mengunakan bermacam-macam media untuk memberi tugas, antara lain; elabschool.net , elabscloud.xyz , Google Clasroom , dan Microsoft Teams sedangkan murid terkadang tidak mengecek semua media yang mengakibatkan banyak nilai murid

 

Saya rasa cukup sekian. Terima kasih karena telah membaca tulisan saya ini. Sampai Jumpa di lain kesempatan.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Latihan BAB 3 Elang

Kolaborasi Masyarakat Digital