Dialog Interaktif dan Digilabs

 

Dialog Interaktif dan Digilabs

 

Halo! Saya Elang Assyafa Farikhi absen 10 kelas 8B. pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti Dialog Interaktif dan Digilabs.

Pada tanggal 29 September 2020 hari selasa, SMP labschool Jakarta mengadakan acara dialog interaktif dan digital labs yg berlangsung dari jam 07.00 - 12.00 .




Acara dibuka dengan sambutan dari kepala BPS SMP Labschool Jakarta (Bapak Ahmad Sofyan Hanif) dan sambutan dari kepala sekolah (Bapak Asdi Wiharto) dan dan dilanjutkan oleh perwakilan dari POMG SMP Labschool JKT.

Selama acara berlangsung kami semua menggunakan virtual background yang seragam. Setelah sambutan selesai, dilanjut dengan acara dialog interaktif. Kami semua masih berada pada ruangan zoom yang sama kemudian di break ke 3 ruangan. Pembawa materi kelas 8 untuk dialog interaktif tahun ini adalah kak Firman. Materi yang dibawakan sangat seru dan juga mudah untuk dicerna. Setelah itu kami diberi istirahat selama 30 menit sebelum acara selanjutnya mulai. Acara selanjutnya adalah digilabs (Digital Labs).

 

Pembawa materi kelas 7 adalah kak cleivo yang mengarjakan tentang coding dan juga tentang mengembangkan apliaksi sendiri. Pembawa materi kelas 9 adalah Faris Mufid dan juga Helda Chandra yang mendiskusikan tentang media sosial. Materi kelas 8 dibawakan oleh Ibu Ninin Musa dan juga Bapak Deswara Aulia.

 

Materi pertama disampaikan oleh Ibu Ninin Musa. Beliau adalah seorang produser film. Salah satu karya bu Ninin adalah film Riana. Pada awalnya saya belum pernah melihat film yang bu ninin buat, tapi kemudian beliau menunjukan proses pembuatan film dari awal hingga akhir. Bu ninin memberikan tips &trick tentang dunia perfilm-an. Saat sedang Pemabatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proses untuk produksi menjadi semakin sulit. Salah satunya saat ingin men-casting pemain. Biasanya casting dilakukan secara tatap muka dan dilakukan secara terbuka di mana semua orang bisa berkumpul dan mendisukusikan siapa yang akan dipilih. Tetapi dikarenakan PSBB proses casting terhambat atau membutuhkan waktu yang sangat lama.

 

 Lain cerita di Yogyakarta dimana PSBB tidak berlaku, proses produksi film menjadi jauh lebih mudah daripada proses produksi film di Jakarta. Selain itu beliau juga memberikan sedikit cerita tentang perjalanan hidupnya. Setelah itu sesi tanya jawab dibuka. Ternyata di SMP Labschool Jakarta ada banyak anak yang tertarik dengan dunia perfilman sehingga banyak pertanyaan yang masuk. Tetapi tidak semua pertanyaan bisa terjawab dikarena waktu yang terbatas.

 

Materi kedua juga yang terkahir dibawakan oleh Bapak Deswara Aulia. Beliau adalah praktisi online media dan marketing. Sebelumnya beliau adalah seorang animator yg bekerja di luar negeri. Beliau memiliki banyak karya yang sangat menakjubkan. Bapak Deswara juga sering terlibta dalam proyek internasional. Salah satunya adalah tripping the rift. Pada saat sesi pertanyaan, juga ada banyak pertanyaan salah satunya adalah pertanyaan tentang CGI (Computer Graphic Image). Masih ada banyk pertanyaan lain tapi tidak bisa terjawab dikarenakan waktunya hanya sampai jam 12.

 

            Terimakasih telah membaca pengalaman saya saat mengikuti acara dialog interaktif dan digital labs. Berikut adalah video acara tersebut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Pertama Masuk Sekolah Online Kelas 8

Tugas Latihan BAB 3 Elang

Kolaborasi Masyarakat Digital