Tugas Essay Algoritma Elang 8B

 Tugas Essay Algoritma

Nama   : Elang A. Farikhi

Absen  : 10

Kelas    : 8B

Pertanyaan 

 

1.  Apakah yang dimaksud algoritma dan perlindungan algoritma? 

2. Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya! 

4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap! 

5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya! 

6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch! 

7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks! 

8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind! 

9.Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan! 

10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.




 

Jawaban

1.   Algoritma adalah langkah-langkah atau prosedur yang harus dilakukan untuk menyelesaikan suatu masalah. Perancangan algoritma adalah metode khusus untuk menciptakan proses matematis dalam proses pemecahan masalah.


2.   Pseudocode : rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan.
Flowchart : diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi yang ditampilkan menggunakan simbol standar untuk menggambarkan instruksi-instruksi yang berbeda-beda


3.   Algoritma diterjemahkan menjadi kode-kode program dan menjadi alat bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan komputer. Untuk membuat pemrograman komputer robot yang akan bekerja menulis “Indonesia”, maka menggunakan program RoboMind.
Algoritma untuk program tersebut:


START 
Move ‘Posisi Awal’
WRITE ‘I’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘N’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘D’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘O’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘N’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘E’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘S’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘I’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘A’
END


4.   Variabel: Nilai-nilai yang perlu disimpan dalam suatu objek, sama artinya seperti di matematika. Jadi variabel digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan besar nilai tersebut dapat berubah-ubah.
Tipe data: Kumpulan benda-benda atau objek yang dapat kita temui dalam suatu data. Tipa data ada tiga, yaitu tipe data boolean, yaitu tipe data yang biasa menyimpan true atau false; tipe data numerik, yaitu data yang menyimpan nilai numerik atau angka; dan tipe data teks atau string, yaitu menyimpan data yang bernilai teks atau tulisan


5.   Langkah-langkah membuat program sesuai konsep variabel pada Scratch :
a.  Jalankan Scratch dan buatlah proyek baru.
b. Tambahkan variabel-variabel berikut blok Variabel.  X1, Y1 X2, Y2, JarakX, JarakY, dan Jarak Variabel yang ditambahkan akan ditambahkan di stage.
c.  Susun letak variabel-variabel tersebut sehingga tampilan panggung akan tampak.
d. Pada blok Acara, tambahkan blok perintah 'Saat klik ke blok kode untuk membina cara menjalankan program.
e.  Agar variabelx dan JarakY tidak sesuai di panggung, tambahkan dua perintah sembunyikan variabel pada blok Variabel untuk perumahan variabel JarakX dan JarakY Blok perintah akan tampak seperti Gambar 2.9 Variabel juga dapat disembunyikan dengan cara menghilangkan tanda cek pada kotak cek yang ada di variabel  yang bersangkutan.
f.  Untuk meminta input darı pengguna, tambahkan perintah ask - and wait 'pada blok Sensing.
g. Untuk menyimpan input dar pengguna ke variabel X1 yang disediakan, tambahkan blok perintah set -1 dan tambahkan blok perintah answer ke biok perintah tersebut.
h. Dengan cara yang sama, gunakan blok perintah yang sama untuk meminta dan menangkap nilai input untuk variabel Y1 X2 dan Y2 Susunan perintah code area akan tampak seperti Gambar 2 10 Gambar.
i. Pada blok Variables dan Operator, tambahkan blok perintah untuk menghitung nilai  dari variabel JarakX, JarakY, dan Jarak Untuk menghitung akar, gunakan blok perintah fungsi sqrt 'yang terdapat di blok Operator Blok perintah yang digunakan untuk melakukan perhitungan tersebut akan tampak seperti Gambar 2 11.
j. Untuk menampilkan hasil penghitungan kepada pengguna, tambahkan perintah say - for - second 'dan perintah say dari blok Looks Perintah lengkap.
k. Jalankan program dan berikan masukan.  Periksa apakah program bekerja sesuai dengan yang diharapkan.
l. Program simpan yang sudah dibuat.


6.   (1). Tipe data boolean, yaitu tipe data yang biasa menyimpan true atau false. (2). Tipe data numerik, yaitu data yang menyimpan nilai numerik atau angka. (3). Tipe data teks atau string, yaitu menyimpan data yang bernilai teks atau tulisan


7.    Tipe data numerik adalah tipe data yang mempunyai nilai angka/numerik (0-9), waktu dan tanggal juga termasuk, dihitung secara matematika.
Namun, Tipe data teks, adalah tipe data yang dapat bernilai huruf (A-Z), angka (0-9), dan simbol-simbol (@, #, ^, &)


8.   

START 
Move ‘Posisi Awal’
WRITE ‘E’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘N’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘R’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘I’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘C’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘O’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘R’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘E’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘Y’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE 'N’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘A’
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'L'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'D'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'O'
END


9.    Tipe data boolean digunakan untuk menyimpan data yang berupa True atau False. Variabel dengan tipe data boolean biasanya digunakan untuk menyimpan nilai dari suatu pengujian kondisi, misalnya kita mempunyai variabel StatusMenang dengan tipe data boolean, maka kita dapat membuat logika program dengan StatusMenang adalah True jika Nilai lebih besar dari atau sama dengan 100. Dan nilai variabel StatusMenang adalah False jika Nilai kurang dari 100.


10. 

START 
Move ‘Posisi Awal’
WRITE ‘M’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘E’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘R’
MOVE ‘Posisi Awal’
WRITE ‘F’
END

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Pertama Masuk Sekolah Online Kelas 8

Tugas Latihan BAB 3 Elang

Kolaborasi Masyarakat Digital